Navigation Menu

Dataran Tinggi Dieng


Siapa si yang gak suka liburan ?, rasa-rasanya hampir semua orang suka liburan atau bahkan maniak. Kini liburan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Bagi para pekerja khususnya, sabtu-minggu bisa dibilang merupakan hari kebebasan. Bebas dari pekerjaan, tugas-tugas dan omelan dari atasan pastinya. Nah weekand merupakan jadwal liburan yang cocok di sela-sela kesibukan.

Dataran tinggi Dieng bisa menjadi alternativ wista yang bisa kita kunjungi. suasana khas pedesaan dan cuaca yang dingin bahkan terkadang extrim pada bulan-bulan tertentu sangat cocok untuk melepas penat. Pada kawasan Dieng terdapat beberapa destinasi wisata diantaranya : Dieng teater, kawah Sikidang, Danau Telaga Warna, Batu Ratapan Angin, Candi Arjuna dan Bukit Sikunir.

DIENG TEATER



Di Dieng Teater ini kita akan di suguhkan filim dokumenter tentang terbentuknya Dataran Tinggi Dieng, wisata-wsata sekitar Dieng serta menceritakan tentang budaya-budaya khas Dieng. salah satu yang terkenal adalah tentang si rambut gimbal. pada bulan Agustus terdapat Festival Dieng yang mana pada festival tersebut  terdapat tradisi pemotongan rambut gimbal. tidak semua anak-anak yang terlahir di Dieng memiliki rambut gimbal, Konon katanya hanya orang-orang pilihan yang memiliki rambut gimbal. prosesnya pun cukup unik tidak serta merta ketika lahir bayi langsung memiliki rambut gimbal, akan tetapi ketika sudah menginjak usia kanak-kanak sebagian dari mereka akan mengalami fase sakit panas tinggi yang mengakibatkan rambut di kepala mereka menyatu (gimbal). pada tradisi pemotongan rambut gimbal biasanya anak tersebut meminta hadiah kepada orang tua mereka, tradisi ini cukup unik dikarnakan terjadi hanya 1 kali dalam setahun. 


BUKIT SIKUNIR GOLDEN SUNRISE





Untuk menikmati indahnya sang surya terbit kita hanya butuh tracking sekidar 30 menit menuju puncak Sikunir dengan berjalan kaki. track nya menanjak dan sebagian merupakan tangga-tangga, cukup melelahkan memang tapi terbayar dengan indahnya pemandangan diatas bukit. cuaca di atas sangat dingin oleh karna itu jangan lupa untuk menggunakan baju hangat, sarung tangan, kaos kaki dan sepatu/ sendal gunung dan jangan lupa untuk membawa air mineral. biasanya kita akan mulai naik sekitar pukul 04.00 pagi, bagi yang muslim tidak usah khawatir untuk sholat subuh karna di pos 1 terdapat kamar mandi dan mushalah.

CANDI ARJUNA



TELAGA WARNA DAN BUKIT RATAPAN ANGIN
Di bawah itu namanya Danau Telaga Warna, dinamakan telaga warna karna air di Danau tersebut dapat berubah-ubah. terkadang terlihat berwarna hijau,ijo tosca atau pun biru . foto ini di ambil dari puncak Batu Ratapan Angin. untuk menuju keatas kita akan melewati jalanan menanjak yang cukup terjal. harap berhati2 terutama jika cuaca hujan akan sangat licin.  

Mesem-mesem liat yang fotoin ;)



Nah gimana menarik bukan liburan di Dataran Tinggi Dieng? yuk cus langsung siapkan kopermu kita berangkat BERLIBUR.

Salam LIBURAN MANIAK. Jangan lupa setelah  baca tinggalkan jejak berupa komentar .

2 CHATTING:

Cory Pramesti mengatakan...

Seumur-umur gue gak pernah ke Dieng, tapi setelah baca postingan ini, gue jadi makin semangat buat bisa jelajah Indonesia, ya ke Dieng ini salah satunya. Nice info ya imas! Keep writing please ;)

Imas Caem mengatakan...

pokonya gak akan nyesel ka klo liburan ke Dieng, tapi yang jelas harus siap sama cuacanya yang BERRRRRRRRRR dingin heheheh